Tuesday 23 April 2013

Apakah Tepat Pinterest Sebagai Ruang Promosi?



Pinterest
Ketika sebuah produk selesai di proses dan siap untuk di lempar ke pasar, tentu produsen harus memasarkan produk atau jasanya untuk dikenal oleh calon pembeli, banyak cara untuk memasarkan produk, salah satunya melalui media online.

Media Sosial merupakan sebuah channel (saluran) pemasaran yang sangat efektif untuk mengenalkan produk atau jasa dengan cara melakukan promosi terhadap barang atau jasa, dengan cara inilah produsen dapat membangun brand awareness nya. Media Sosial yang digunakan seperti WebLog, Pinterest, Facebook, Twitter, G+ atau BlackBerry. Pada artikel kali ini saya mengulas berdasarkan sedikit pengetahuan saya tentang Media Sosial yang lagi meningkat tajam penggunanya, yaitu Pinterest.


Apa dan Mengapa Pinterest?

Apa itu Pinterest? Menurut Wikipedia Indonesia, Pinterest adalah Virtual Pinboard, di sini kita bisa melakukan post-post gambar atau vidio yang di masukan ke dalam board dari beberapa kategori yang sudah disediakan, sehingga menurut saya Pinterest merupakan salah satu saluran pemasaran yang efektif, melalui gambar atau vidio.

Pinterest dalam beberapa bulan terakhir penggunanya meningkat tajam, kebanyakan dari kalangan profesional muda, baik wanita maupun pria. Kenapa bisa begitu? Mungkin ini dikarenakan masalah waktu dan biaya, apalagi mereka melakukan promosi hanya melalui media gambar atau vidio, tinggal upload, kasih komentar dan keterangan gambar, selesai, jadi sedikit waktu mereka di depan komputer untuk membuat artikel.

Jika anda atau perusahaan anda memiliki produk barang atau jasa, mungkin Pinterest adalah pilihan yang bagus untuk mengenalkan produk atau jasa anda lewat pendekatan gambar atau vidio yang dapat anda publikasikan lewat Pinterest pada pinboard dengan berbagai macam kategori.

Pada Pinterest kita dapat memberikan pelanggan atau calon pelanggan bukan hanya informasi tentang produk atau jasa kita, pelanggan juga bisa kita berikan inspirasi dari konten pinboard, sehingga pelanggan atau calon pelanggan dapat ter-inspirasi setelah melihat informasi yang kita berikan, bukankah gambar dapat bicara sejuta makna?.

Dengan biaya yang rendah atau bisa dikatakan dengan sumber daya yang minim berarti overhead kita rendah, semua tahu bahwa setiap perusahaan mengidam-idamkan sebuah proses dengan overhead nya rendah?. Bersama Pinterest tidak perlu undang-mengundang orang untuk pertemanan seperti facebook atau bergabung pada sebuah komunitas, semua bekerja dengan sendirinya secara otomatis, hanya diperlukan sedikit interaksi saja, sebuah langkah yang hebat bukan?


Apa yang Dipromosikan lewat Pinterest?

Yang dipromosikan jelas barang atau jasa produsen seperti Pakaian, Sepatu, Jam Tangan, Kerajinan Tangan, jadi hampir semua jenis produk atau jasa dapat di promosikan melalui Pinterest dengan Gambar atau Vidio sebagai medianya ditambah sedikit komentar untuk dipajang pada pinboard, tidak memakan waktu terlalu lama, apa yang kita pajang sudah mendapat reaksi dari pengguna lain, baik melakukan Like, Pin-It atau Follow pada pinboard kita, itu sudah bisa menjadi tolak ukur, bahwa apa yang kita promosikan sudah di ketahui orang.

Dari mana kita mengetahui bahwa apa yang kita pajang sudah di ketahui atau disenangi oleh pelanggan atau calon pelanggan kita?, ketika pengguna lain memberi Pin atau menjadi Follower (pengikut) kita, Pinterest akan mengirim pemberitahuan ke alamat email yang kita gunakan sewaktu mendaftar pada Pinterest.


Apakah Indonesia mempunyai Situs macam Pinterest?

Pinterest IndonesiaDi Indonesia ada situs seperti Pinterest namanya Elcoke  alamat situsnya  www.elcoke.com, elcoke adalah Pinterest nya Indonesia, pada situs ini banyak sekali macam produk yang di pajang, seperti tempat wisata di Indonesia, macam-macam makanan ala Indonesia, Hewan Peliharaan, Flora Fauna dan banyak kategori lainnya, anda tinggal pilih pada kategori apa anda mau pajang produk anda pada pinboard.

Setelah anda mendaftar, anda akan di minta untuk membuat pinboard pribadi untuk nantinya menaruh gambar atau vidio yang anda sukai, baik dari board orang lain yang anda ikuti atau dari gambar atau vidio yang anda upload sendiri ke pinboard pribadi anda.

Jadi dengan pendekatan visual ini Pinterest atau Elcoke bisa diharapkan sebagai ruang promosi yang efektif untuk menemukan celah menjadi pemimpin pasar pada segment yang anda bidik, serta dengan pendekatan visual ini dapat membangun otoritas berdasarkan pengalaman anda.

Semoga artikel ini bermanfaat, mohon maaf apabila perbendaharaan katanya rada kacau. Terima kasih.

Salam TCC Sampit.

kursusan komputer di sampit
Comments
12 Comments

12 comments:

  1. setahu KY jugalah laman sosial ini lebih tertumpu pada gambarkan? rasanya bukan semua blog sesuai

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung dan memberikan pendapat @KY, memang pinterest kuat pada sosialisasi lewat gambar atau vidio dan akan tambah bagus lagi jika kita padukan dengan halaman web kita sendiri. Salam.

      Delete
  2. Mantap Brow.... Kembangkan Trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas dukungan nya teman. Salam.

      Delete
  3. nice post gan..

    oiya, kunjungan perdana nih,
    salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih dah mau berkunjung ke lapak sederhana ini. Salam kenal juga bro.

      Delete
  4. baru tahu nih ada elcoke, makasih infonya sob. makin keren aja postingnya.
    Ternyata....! nambah wawasan saya nih om bro....he...he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixix... baru keluar dari pertapaan nya ya, moga tambah sakti. Sama-sama sob, kan semua harus dari bawah, jangan meloncat, ntar jatuh kan sakit.

      Delete
  5. saya baru denger gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam boss, padahal pinterest ini dah lama ada boss. thks ya kunjungan nya.

      Delete
  6. Hmm.. belum punya akun di Pinterest. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam bung hendra, maaf baru buka blog...bikin donk account nya, terima kasih sudah berkunjung, salam.

      Delete

Tolong Komentarnya untuk perbaikan ke depan juga jangan berbau Porno atau Sara ya, terima kasih.