Saturday 2 March 2013

Mau Asli atau Bajakan?

Beberapa bulan yang lalu (Desember 2012), (semoga bukan berita basi), pihak Microsoft melakukan penelitian pada 216 Laptop bermerek terkenal dan 66 DVD Installer di Indonesia, Malaysia, Filifina, Thailand dan Vietnam.

Wow… pada Laptop ditemukan lebih dari 68% mengandung Malware dan ditemukan 74% berisi perangkat lunak berbahaya terdapat di DVD Installer.

Menurut Keshav Dhakad, Direktur Regional untuk Intellectual Property Microsoft Asia Pasifik dan Jepang,“Banyak orang beranggapan bahwa membeli PC dengan nama atau bermerek terkenal dapat menjamin pengalaman komputasi yang baik dan aman. Namun mereka tidak berpikir tentang perangkat lunak nya yang diinstall pada komputer atau laptop mereka, apakah original atau bajakan," kata Dhakad dalam sebuah pernyataan selama konferensi pers.

Dari 5.601 jenis malware yang mereka temukan di komputer sampel, 3.703 dianggap bermusuhan sementara 1.898 mampu melakukan "tweaking" sistem operasi sehingga akan menghilangkan mekanisme keamanan penting seperti firewall dan update keamanan otomatis (padahal tanpa malware pun update otomatis kadang dimatikan oleh User).

Dari berbagai jenis perangkat lunak berbahaya yang mereka temukan, yang paling lazim adalah trojan, trojan menyumbang 3800 dari semua malware yang ditemukan. Trojan adalah sebuah jenis program yang tampil legal tetapi melakukan kegiatan berbahaya dan terlarang.

Jenis perangkat lunak berbahaya lain yang ditemukan antara lain Worm (43%), Virus (37%), Program Crack (7%), Tool Hacking (6%), Malware (6%), Password Theft (1%).

Perangkat lunak bajakan adalah akar penyebab dari semua jenis malware ditemukan pada komputer. Dhakad mengutip sebuah studi yang dilakukan oleh Business Software Alliance, yang menemukan bahwa Filipina ada di antara empat negara di Asia Tenggara dalam hal pembajakan.




Tapi tidak bisa dipungkiri, walaupun perangkat lunak kita asli, tetap aja rentan terhadap serangan virus (Virus Attacks), serangan hacker (Hackers Attack) dan aksi-aksi lainnya, terbukti sudah akhir-akhir ini, Microsoft sendiri mengakui mereka kena serang cyberattack seperti yang terjadi pada Apple dan Facebook.

Sekarang tinggal Personal Usernya, mau pilih mana?, tanpa bermaksud me-Legal-kan bajakan yang memang ada, tapi semua itu terjadi karena adanya Pilihan dari sebuah kreatifitas pada dunia maya ini, tinggal mereka saja harus bersiap untuk menanggung segala Resiko yang akan mereka hadapi.

Untuk Perusahaan-perusahaan besar yang selalu terhubung dengan Internet, kami hanya bisa menyarankan untuk menggunakan Perangkat Lunak Asli, sering Update Anti Virus dan Update Patches pada system operasi Windows anda walaupun sejujurnya aktivitas ini belum cukup untuk menangkal serangan dari luar, setidaknya buat jaga-jaga, karena Banyak Jalan Menuju Roma.

Semoga bermanfaat, terima kasih

Salam TCC Sampit

Berita Sampit Online klik di sini
Comments
4 Comments

4 comments:

  1. Bajakan vs ori, kadang memang pembeli hanya tahunya tinggal pakai aja, banyak juga yang kurang mengerti tentang os atau flatform. Jadi jika bermasalah dengan komputer atau laptop yang baru dibeli, ya... banyak yang bingung sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, itu semua terjadi karena kekurangan tahuan aja, & juga harga sebuah OS mahal, jadi tidak ada rotan akar pun jadi, banyak jalan menuju roma kawan...

      Delete
  2. yang asli tapi murah,,,hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubuntu aja bro..., tapi semua itu karena ada & sebuah kreatifitas, aku pribadi sangat menghargai sebuah kreatifitas..jadi ya SUKA-SUKA aja..gkgkgkgk

      Delete

Tolong Komentarnya untuk perbaikan ke depan juga jangan berbau Porno atau Sara ya, terima kasih.