Thursday 7 March 2013

Stress Akibat Komputer Lambat?


TCC Sampit

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi ketika menggunakan komputer adalah bekerja dengan komputer yang lambat, kadang kita menarik nafas panjang karena jengkel atau muka kayak uang lima ratusan kertas (gambar orang utan), apalagi si boss udah nggak sabaran sewaktu meminta data, kiamat dah rasanya. Padahal komputer yang digunakan sudah termasuk hebat perangkat kerasnya, lalu kenapa hal ini bisa terjadi?

Ternyata jawabannya sederhana saja dan saya bahkan tidak perlu menjadi "teknisi" untuk memahami penyebab dan mencari solusi nya.

Perangkat Keras kadang memang bisa menjadi penyebabnya, tapi ketika semua perangkat keras sudah bekerja dengan baik bahkan ada juga yang sudah diganti, tapi kenapa komputernya masih juga lambat?

Sekarang saya lihat lagi pada Perangkat Lunaknya, umumnya ada beberapa penyebab, di sini saya sampaikan dua penyebab umum yang biasa saya temui, yaitu :

1.   Masalah paling umum terletak pada Registry.

Setiap kali sewaktu terjadi Instalasi Program Aplikasi, Game atau Perangkat Lunak lainnya, Windows selalu memperbaharui Registry untuk mengoperasikan perangkat lunak yang baru di Instal. Namun ketika terjadi Penghapusan Perangkat Lunak tersebut, pada Registry kadang tidak ikut dibuang, dan informasi tentang Perangkat Lunak yang sudah dihapus tetap ada, sehingga ketika Komputer saya aktifkan, secara otomatis sistem mencoba untuk menjalankan item yang masih tersimpan pada Registry, karena sistem tidak menemukan maka terjadilah kesalahan pada Registry Komputer saya, dan hasilnya komputer saya akan bekerja lebih lambat.

Untuk mengatasi itu, pada komputer saya pasang CCleaner, jadi pada CCleaner ini ada 3 aktifitas yang saya lakukan ketika saya menghapus program dengan urutan yaitu :

1.  Menghapus Program, membuang program yang tidak saya perlukan (hitung-hitung menghemat space harddisk saya).

TCC Sampit

 2. Setelah menghapus program, Registry saya bersihkan, sehingga informasi pada registry yang tersimpan sewaktu saya melakukan instalasi perangkat lunak juga ikut dihapus, dengan tujuan sistem bisa berjalan normal. CCleaner secara otomatis membuang item yang tidak terpakai akibat saya melakukan Penghapusan Program.

TCC Sampit

3. Cleaner, aktifitas ini saya lalukan setiap hari untuk membersihkan file-file temporer, cache browser, coocies dan lain-lainnya.

TCC Sampit


Menurut saya, CCleaner ini merupakan Tools yang bagus, juga Freeware, anda bisa download Perangkat Lunak ini secara gratis, Klik di sini.

TCC Sampit


2.   Spyware dan Virus

Pasti semua orang yang sering menggunakan komputer dan internet sudah terbiasa dengan dua nama ini dari beberapa nama lainnya. Dua nama ini yaitu Spyware dan Virus, Spyware dan Virus adalah perangkat lunak yang terpasang pada komputer tanpa seizin atau sepengetahuan kita, dan 2 perangkat lunak ini memiliki tujuan tersendiri, antara lain:
-     Mencuri informasi pribadi kita
-    Menggunakan program email kita untuk mengirimkan SPAM ke alamat email lain, dan banyak lagi yang bisa di lakukan oleh dua perangkat lunak ini. Jadi hati-hatilah.

Kebanyakan Spyware dan Virus ada pada komputer kita melalui file yang kita download atau sebagai lampiran email. Mereka cenderung memakai banyak daya komputasi dan, sebagai akibatnya, secara signifikan memperlambat kerja komputer kita.

TCC Sampit

TCC Sampit

Untuk menekan resiko di atas, saya menggunakan perangkat lunak Antivirus realtime AVIRA yang free (mau beli yang full, dana nggak cukup) saya padu dengan SMADAV sebuah antivirus lokal, karena dua antivirus ini mampu bekerja sama dengan baik, juga ringan, ringan kerjanya - ringan duitnya, juga saya rutin melakukan update antivirus.

Untuk AVIRA anda bisa download dengan klik di sini
TCC Sampit

Untuk SMADAV anda bisa download dengan klik di sini
TCC Sampit

Jadi sudah jelas, aturan nya sederhana saja, dengan tidak sembarangan melakukan download perangkat lunak gratis bukan dari situs terpercaya, seperti screen server, emoticon dan perangkat lunak lainnya. Juga untuk email, jangan membuka lampiran pada email kalau bukan dari pengirim yang kita kenal.

Demikian tips sederhana ini, semoga bermanfaat. Terima kasih

Salam TCC Sampit.
Comments
8 Comments

8 comments:

  1. Makasih atas infonya mengenai akibat komputer lambat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam, hanya ini yang bisa saya bagikan, terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
    2. stress sih tidak kalau komputer lambat, hanya saja pengen kebelakang terus.

      Delete
    3. hahahaaa...kebelet terus ya jadinya?

      Delete
  2. Ini masalah saya brothet, udah pake prosesor i3 tetep aja lemot... maksudnya, otak gue sob... hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa...masa lemot, ada-ada aja siboss. salam brother, aku review ya di alexa blognya.

      Delete
  3. Oh iya lupa, PC aku belum aku pasang CCleaner lagi, habis install ulang soalnya, maklum Cuma pentium 4 dari tahun 2006, hehe....thanks sharednya, jadi inget nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...terima kasih sudah berkunjung boss, hanya ini yang saya bisa berikan, bagi-bagi pengetahuan. salam.

      Delete

Tolong Komentarnya untuk perbaikan ke depan juga jangan berbau Porno atau Sara ya, terima kasih.